Switch Mindset : Negative to Positive

Pernah kah kamu merasa tidak bisa dan tidak yakin lalu memutuskan untuk tidak mencobanya karena terlalu takut?

pic : pinterest

Sebagai manusia biasa terlebih yang lahir tanpa memiliki privilege rasanya wajar jika kita memiliki perasaan ragu atau bahkan takut karena resiko yang kita hadapin akan cukup besar dan mempengaruhi kehidupan kita akan tetapi aku belajar jika kita hidup hanya satu kali jika tidak berani mencoba lalu kapan kita bisa mengubah hidup?

Sebagai MC aku menyadari jika mindset ini penting sekali sebagai fondasi awal untuk kamu bisa berani berdiri di atas stage yang penuh dengan peserta, harus bisa mengatasi ketakutan untuk bicara depan microphone yang didengarkan oleh banyak orang dan bicara langsung di mana kamu harus bisa meminimalisir kesalahan.

Contoh mindset yang bisa kita ubah :

"Aduh takut salah ngomong" jadi "Aku sudah latihan sebelum ngemsi, nanti pasti lancar acaranya."

"Jalanan macet banget ga ya besok, takut telat" jadi "Pasang alarm dan tidur cukup jadi aku bisa datang ontime."

"Gimana ya kalau salah sebut nama" jadi "Semua sudah aku konfirmasi dan tanyakan jadi aku akan baca sesuai skrip tanpa kesalahan sama sekali."

Jika kamu sedang jualan atau memiliki bisnis, kamu juga bisa switch mindset misalnya :

Saat jualan sedang sepi coba katakan "sekarang sedikit yang beli tapi besok pasti ramai."

Ketika mendapat komplain dari customer coba katakan "terima kasih atas masukannya, aku akan perbaiki lagi kualitas pelayanan dan produknya."

Waktu ada orang yang memandang kamu sebelah mata coba katakan "Aku bisa menambah karyawan ketika bisnis ini semakin besar, nanti kalau aku beli rumah aku akan undang tetangga sekitar untuk berdoa bersama."

Kalau ada karyawan yang tidak jujur coba katakan "aku belajar untuk bisa lebih profesional lagi dalam mengatur bisnis, terima kasih sudah menunjukan kekurangan dari sistem yang ada."

Karyawan kepercayaan resign dan kamu down coba katakan "Terima kasih sudah membantu selama ini, aku bersyukur bisa menjadi tempat belajar selama ini semoga bisa sukses di tempat yang baru. Tuhan nanti kasih aku pengganti lebih banyak lagi karyawan yang baik, amanah dan jujur."

Bisnis sedang ramai sekali dan orang - orang berpikir kamu menggunakan magic coba katakan "ternyata kualitasnya bagus, pelayanannya sudah baik jadi banyak orang yang suka dan datang kembali. semoga aku bisa meningkatkan lebih baik lagi kedepannya."

pic : pinterest

Intinya adalah biasakan untuk berpikir positif dan mengganti semua pemikiran negatif kamu yang mungkin bisa bikin kamu down jadi melihat sisi baik dan positifnya. 

Ini bukan toxic positivity karena kamu berhak marah, kecewa dan nangis ketika ada hal yang kurang baik yang terjadi tapi setelah itu kamu harus memutuskan untuk bangkit dan mengganti mindset kamu agar tidak terpusat dalam kesedihan dalam waktu yang lama.


xoxo,

Alicia | MC & Entrepreneur


0 comments