Financial

#YukNabungSaham di Ipot Go!

Sabtu, Juli 06, 2019


“Nabung itu menyisihkan di awal, bukan menyisakan di akhir!”
Biasanya jika kita menyebut kata nabung yang terlintas adalah menyimpan uang di Bank dalam bentuk Deposito. Pernah ga berpikir untuk nabung jangka panjang di Saham?
Beli saham artinya adalah membeli sebuah perusahaan di sektor yang kita pilih. Jika kita baru terjun, cara paling mudah memilih saham apa yang dibeli adalah dengan memilih apa yang kita gunakan sehari - hari dan kita sukai.
Contoh di rumah kita gunakan brand apa aja? lalu jika membeli baju kita biasa beli brand apa? Selama ini kita menggunakan provider apa? Nabung di bank mana?
Jika selama ini kita sudah menjadi pengguna setia, lalu mengapa tidak menjadi pemilik perusahaannya saja? Membeli saham berarti memiliki sekian persen dari jumlah saham yang ada di perusahaan tersebut dimana setiap tahun kita akan menikmati keuntungan yang disebut deviden.
Deviden adalah laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah kepemilikan saham di perusahaan tersebut.
Apakah ada resiko dari membeli saham? Bagaimana jika perusahaan itu mengalami kerugian, apakah kita harus menanggung kerugiaan tersebut? Resiko kita hanyalah tidak mendapatkan deviden saja.
Apabila kita tertarik ingin membeli saham, minimum transaksi pembelian dan penjualan saham di Bursa Efek Indonesia adalah 1 Lot. (1 Lot = 1oo Lembar Saham).
Proses jual beli di bursa, sama dengan transaksi pasar konvensional perbedaannya hanyalah penjual tidak bisa langsung transaksi dengan pembeli melainkan harus melewati perusahan sekuritas yang terdaftar di BEi saat jam bursa berlangsung.
Banyak orang yang masih takut untuk nabung saham, terlebih pasar modal pernah terpuruk akibat krisis di tahun 1998. Namun, jika kita lihat dari grafik maka dapat dilihat jika pasar modal di Indonesia cenderung naik, dimana jika kita ingin menabung untuk jangka panjang maka kita akan untung!
Nah, buat yang masih ragu kalian bisa kok beli “travel size” dari saham perusahaan besar yang disebut ETF. Produk ini dapat kamu beli lewat Ipot Go!
Ipot Go ini adalah aplikasi online trading dari Indo Premier, dimana sekuritas ini termasuk salah satu perusahaan sekuritas terbaik yang terdaftar di OJK yang cocok dengan anak muda. Semua pendaftaran dapat dilakukan via aplikasi IPOT GO yang dapat digunakan untuk membeli saham maupun reksadana.
Kamu tertarik untuk mencoba? Aku udah buat dan mudah banget!!!

You Might Also Like

0 friends

Popular Posts

Promotion Page!