A Library

#BookReview : Alpha Wife by Ollie | A Library

Minggu, November 05, 2017




Book Identity
Judul                           : Alpha Wife
Penulis                        : Ollie
Editor                          : Christian Simamora, Gita Romadhon, Ayuning
Designer Cover           : Dwi Anissa Anindhika
Penerbit                      : Gagasmedia
ISBN                            : 979-780-381-3
Cetakan                       : 2 tahun 2010
Genre                          : Novel
Jumlah Halaman         : 194
Harga                          : IDR 20.000

Blurb
Malena dan Eric menikah denan kesadaran bahwa perbedaan justru akan membuat pernikahan mereka lebih berwarna. Itu dulu.
Sekarang, semua perbedaan itu menjadi sumber masalah dalam rumah tangga mereka. Malena, sadar atau tidak, merasa malu memiliki suami berpenghasilan jauh di bawah pengeluaran rutinnya membeli pakaian. Eirc, yang dulu sangat mengagumi sang istri, perlahan – lahan mulai jengah dengan semua keberhasilan karier Malena.
Keduanya mulai mempertanyakan keharmonisan pernikahan mereka. Jika keduanya masih saling mencintai, mengapa selalu berusaha menyakiti perasaan satu sama lain? Jika masih ingin mempertahankan pernikahan ini sampai tahun – tahun berikutnya, mengapa semua yang mereka lakukan malah seperti ingin mengakhirinya sesegera mungkin?

Alice’s POV
Lena dan Eric saling cinta, meski mereka berada pada posisi yang berbeda dari sisi financial akan tetapi itu tidak menjadi halangan hingga mereka menikah. Lena sadar, sangat amat sadar akan keadaan ini dan dia masih berusaha berdamai dengan keadaan ini. Dia berusaha mengimbangi antara keluarganya dan keluarga Eric, hingga satu moment membuat dia mempertanyakan semuanya termasuk pernikahannya.
Cinta, tapi apakah cinta cukup untuk membayar semua tagihan bulanan apabila hanya mengandalkan gaji eric sebagai guru IT? Sedangkan posisi Malena sebagai Editor in Chief Glam Lady membutuhkan pendamping yang bisa mengerti dan mendukung kariernya. Bagaimana kah Malena menghadapi permintaannya untuk resign dari kantor yang merupakan mimpinya untuk menyelamatkan pernikahannya?
Alpha Wife merupakan sebutan untuk perempuan yang mandiri secara karier dan financial, dimana kondisi lingkungan kita masih belum familiar dengan keadaan istri lebih sukses dibanding suami atau bahkan istri yang menjadi tulang punggung keluarga. Dan ini yang menjadi permasalahan dalam novel ini.

Karakter Tokoh :
Lena pribadi yang energik dan ambisius, yang memiliki mimpi untuk terjun di dunia fashion hingga mampu mencapai posisi tertinggi di Glam lady. Fashionable, suka dengan kemewahan tapi cinta banget sama Eric yang berada di dunia yang berbeda dengannya.
Eric sosok laki – laki yang sangat cinta dengan teknologi, sarjana IT yang memilih menjadi guru karena merasa bahagia bisa membagikan ilmunya kepada siswa dibanding bekerja kantoran. Tidak menyukai pesta dan menghindari acara seperti party yang begitu lekat dengan dunia lena.

Konflik yang terjadi ada pada perbedaan dua pekerjaan yang bertolak belakang dan pengaruh financial untuk keluarga mereka. Lena ingin Eric bekerja di kantor sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar bisa memiliki penghasilan yang mampu membiayai hidup mereka dan Eric yang merasa Lena tidak mengerti dirinya. Lena butuh dukungan untuk kariernya dan mertuanya malah meminta Lena melepaskan pekerjaan impiannya, passionnya yang sebenernya menjadi tumpuan keluarga mereka secara financial. Karier atau Keluarga adalah pilihan yang dihadapkan pada mereka berdua dan masalah ini juga sering dihadapi oleh pasangan jaman sekarang.

Pesan yang disampaikan oleh buku ini adalah :
1.    Tidak masalah jika dalam keluarga penghasilan istri lebih besar daripada suami, karena ketika menikah semua yang dihasilkan berdua memang untuk membangun keluarga kecil ini.
2.    Sehebat apapun seorang istri diluar sana, namun ketika sudah di rumah bisa menempatkan diri sesuai kodratnya yaitu mengurus suami dan anak – anak.
3.    Pembagian urusan domestic yang jelas dan disesuaikan dengan kapasitas pekerjaan suami dan istri.
4.    Mampu menghandle pandangan orang yang masih “asing” dengan Alpha Wife dan bersikap bijak menghadapinya.
5.    Jika suami istri bekerja, komunikasi harus dibangun dengan baik meski itu hanya pertanyaan simple melalui chat atau telp namun dapat menjaga hubungan harmonis keluarga. Bedakan antara menulis status di sosmed dengan memberi kabar kepada istri/suami.

Karena tema Alpha Wife ini belum cukup popular, jadi saya tidak memiliki perbandingan cerita dengan tema sejenis. Ini salah satu novel yang bagus dengan tema yang masih jarang diangkat dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.

Bagian yang paling favorit adalah ketika Lena dan Eric dihadapkan pada masa dimana mereka memikirkan ulang pernikahan mereka dengan menjalani kehidupan terpisah. Jarak membuat kita menyadari hal – hal yang selama ini tidak terlihat, membuat kehadiraan seseorang terasa berharga.

Kalimat favorite ada pada hal 167.
“Meskipun kita ini direktur, begitu sudah tiba di rumah, segera tanggalkan semua peran pemimpin kita saat bekerja. Di rumah, kita melayani suami dan anak – anak. Jangan memerintah mereka seenaknya, hanya karena kita di tempat kerja sudah biasa begitu. Jika suami punya masakan favorit khusus, luangkan waktu untuk memasaknya pada waktu weekend misalnya. Ia akan sangat menghargai usaha kita”

Dampak untuk diri saya setelah membaca novel ini adalah saya jadi mengerti konsekuensi yang harus dihadapi dari setiap pilihan. Seperti Lena yang memilih Eric yang jelas – jelas berbeda dari sisi status social dan pekerjaan harus menghadapi masalah yang timbul.

Rating : 3 of 5 starts

You Might Also Like

0 friends

Popular Posts

Promotion Page!