Portfolio

#StuDi Belajar Public Speaking untuk Pemula

Rabu, Februari 24, 2016

“Yang penting adalah bagaimana kita mengatakannya, bukan kata - katanya!”
Public Speaking sebenarnya skill yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita lhoo tapi masih banyak orang yang ga sadar dan membiarkan, maka ada banyak banget kesalahpahaman yang terjadi dalam hidup kita.
Kamu tahu kalau public speaking adalah ketakutan nomor 1 di dunia bahkan mengalahkan kematian!! Jadi, ga usah minder, semua orang di seluruh dunia ngalamin hal yang sama kok :)
Nah, sebelum mulai materi dan belajar kita harus tahu terlebih dahulu nih, ada di kategori manakah skill public speaking saya? 
Need HELP –> Kamu takut dan gemeteran, bibir kelu ga tahu mau ngomong apa dan rasanya lutut lemes. Kalau kamu ada di kondisi ini berarti yang pertama harus dilakukan adalah hilangkan mental block kamu. Caranya? Kamu harus mengenal dengan baik kekuatan kamu, diri kamu dan sugestikan apabila kamu pantas ada di depan panggung.
Decent Speaker –> Kamu sudah berani tapi masih terpaku dengan cue card, belum berani mengeksplore lebih jadi kesannya kaku banget! Nah, kalau begitu kamu hanya perlu latihan teknik aja disini. 
Good –> Di tahap ini kamu sudah bisa membawakan dengan baik, yeay! jadi kamu hanya perlu menambah jam terbang saja dan portofolio.
GREAT –> Selamat!! Kamu adalah seorang profesional dan ini waktunya menuai semua kerja keras kamu :))
Komunikasi itu berarti ada pengirim dan penerima, maka kita sebagai pengirim pesan harus bisa membuat penerima pesan mengerti apa yang kita maksudkan. Jika tidak, disinilah kesalahpahaman berawal dan dapat berakibat fatal lho!
Tapi, komunikasi itu ada 4 lho, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Inputnya adalah Listening dan Reading, sedangkan Outputnya adalah Writing dan Speaking.
Kunci utama berbicara adalah mengisi otak kita dengan banyak pengetahuan lewat membaca dan mendengarkan orang lain supaya kita punya bekal ilmu yang cukup mumpuni.
Cara berlatih yang pertama adalah dengan berbicara di depan tembok dan mengeluarkan seluruh isi di kepala kita selama 3 menit. Darisini kita bisa evaluasi lho bagaimana diri kita, apakah sudah banyak cadangan pengetahuan kita?
Lalu peserta berpasangan untuk latihan mengambil fokus audience dan cara termudah adalah bagaimana menaklukan lawan bicara yang ada di depan kamu. Dan ini seru banget lhoo!!!
Sesi tanya jawab ternyata menyita waktu yang lebih lama dari materi, disini mereka banyak banget tanya tentang personal branding, cara hilangin rasa ga PD, elevator pitch dan banyak hal terkait public speaking.
Acara #StuDi bareng ID Student Job SUKSES!! 
Semoga semua anak yang datang bisa lebih berani menyampaikan pendapat mereka dan berprestasi :))
Event ini kolaborasi antara ID Student Job dan Rumah MC

With Love,
Alice

You Might Also Like

0 friends

Popular Posts

Promotion Page!