Networking

How to Make Viral Content by Ollie #Code30

Sabtu, Februari 13, 2016

"Perjalanan ribuan mil dimulai dari langkah pertama"


Hipwee adalah salah satu portal online yang paling banyak di share di sosial media seperti facebook, tak jarang timbul pertanyaan "kenapa ya artikelnya bisa banyak yang nge-share?" Dan ternyata ada rahasia dibalik kehebatan sebuah artikel yang kita baca lho! Kali ini Ollie atau yang dikenal dengan nama @salsabeela ini membongkar rahasia "How to Write Viral Content" yang diselenggarakan oleh @depokmenulis pada tanggal 7 Februari 2016 di Code Margonda.



Sebelum menulis artikel, kita butuh persiapan lho dan berikut adalah langkahnya :
1. Kita mau tulis ini di media apa? Lihat dulu ciri khas blog / website ini apa. Misalnya kalau female daily network ini bahas tentang beauty, tapi fimela buat wanita dewasa. 
2. Coba amati dalam seminggu terakhir apa sih yang jadi trending topic? 
3. Buat 10 pilihan judul dengan topik yang sedang booming dengan sudut pandang yang disesuaikan dengan blog / website yang kita pilih.



Setelah persiapan, waktunya "memasak" ide kamu dan berikut ini panduan strukturnya ya :
1. Storytell
2. Open with a BANG
3. Practical
4. Emotional
5. Poison (hal yang buat ketawa, AHA moment, kaget atau efek "ohhhhh")
6. Call to Action (yang bikin orang interaksi dan pengen share)



Biasanya kita butuh waktu sekitar 60 menit untuk menulis suatu artikel dengan riset plus melakukan self-editing. Setelah itu baru cari gambar yang sesuai di google dan pastikan tulis sumber fotonya ya :)

Saya sendiri daftar sebagai peserta, namun ternyata teman saya yang punya Code minta bantuan saya untuk ngemci dan akhirnya saya datang sebagai MC acara tersebut dan kak Ollie sebagai narasumber. Kebetulan banget saya ngajakin juga mentee saya buat dateng dan diakhir acara mereka minta foto bareng sama Kak Ollie, lucu banget deh jadi kaya Girls Power gitu!


Kak Ollie yang saat ini menjabat sebagai Chief Content Officer dari Zetta Media Network kasih kita tugas buat bikin satu artikel langsung saat itu. Bahkan dari step by step pencarian trending topic, riset dan menentukan judul kita diskusikan dalam workshop tersebut. Dari sana saya mengerti, kenapa harus menulis 10 judul adalah untuk dianalisis, yang mana sih yang pas lw denger tuh langsung bikin lw pengen klik dan baca!! Karena judul inilah yang jadi racun pertama untuk nentuin orang mau klik apa engga :)


Buat saya yang baru terjun dalam dunia menulis secara profesional, iya walaupun dari dulu suka nulis diary tapi kan beda sama buat artikel di majalah atau blog!, hal ini membantu sekali untuk meningkatkan kualitas tulisan saya serta mentee saya yang dateng. Bersyukur aja karena mereka juga jadi belajar langsung dari ahlinya dan bisa diterapin untuk artikel di femmeindonesia.com (yang belom pernah baca, sekarang buka web-nya!!


Diakhir acara, Kak Ollie ngajak selfie dan ini adalah foto pertama kita berdua yang tanpa disadari ada banyak kemiripan yaitu baju kita temanya pink, pake kalung dan duck face pas foto, hihihi.. 
Mentor dan mentee selfie bareng itu seru banget lho apalagi rasanya sama Kak Ollie itu ga berjarak, saya ngerasa kaya punya kaka sendiri aja. Dan ilmunya banyak banget lho, asli deh kadang2 suka ga abis pikir aja itu kapan ya belajarnya?? secara masih harus ngurus bisnisnya ditambah lagi jadi pembicara dimana - mana plus rutin nulis buku, waduh!! Jadi, untuk saya pribadi PR banget untuk bisa produktif dan punya time management yang baik biar bisa sesukses kak Ollie dibidang yang saya pilih, yeay!!

With Love,


Miss Alice



You Might Also Like

0 friends

Popular Posts

Promotion Page!