Networking

Building Indonesia’s Strong Digitalpreneur - #StartUpLokal V.58

Jumat, Februari 26, 2016

“Sebuah negara dikatakan maju apabila anak mudanya produktif sebagai pengusaha”
image
Digitalpreneur adalah sebutan buat para entrepreneur yang berkiprah di ranah digital atau erat kaitannya dengan teknologi. Dan jaman sekarang semuanya era digital jadi mau ga mau kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman atau ketinggalan dan mati.

#StartupLokal kali ini membahas tentang gimana sih caranya menjadi Digitalpreneur? 
Dan ada 4 founder Startup yang akan share gimana mereka membangun bisnis dan berhasil mendapatkan pendanaan dari Indigo Accelerator tahun ini :
image
Avianto Tiyo - Cubeacon 
Startup ini sudah expand sampai keluar negri lho! Dan device yang dibuat ini berguna banget buat perusahaan yang memiliki banyak karyawan supaya sistem absensi bisa lebih efisien, orang tua bisa deteksi anaknya selama di sekolah via handphone adalah sebagian dari hasil karyanya. 

Robin Dutheil - apaja
Pria asal Perancis ini udah lama tinggal di Indonesia ini suka banget naik transportasi umum dan ngerasa bingung kalau mau cari tahu infonya. Jadi apaja adalah aplikasi untuk cari tahu tentang transportasi publik dimulai dari rute, jam dan juga nantinya kita bisa lapor lho tentang keadaan jalan, supir dll sebagai kontribusi untuk memperbaiki tampilan angkutan perkotaan kita.

Dwi Hastono - Grosir Bersama
Kamu tahu ga sih kalau tanah abang itu perputaran uang per harinya mencapai 30 milyar!!! Astaga ternyata bisnis offline disana bisa sebanyak itu perputaran uangnya, jadi kalau masuk ke ranah online gimana? Grosir Bersama memberikan pelayan bagi seluruh pedagang untuk produknya di foto, dijual via website dan diurus pengirimannya, jadi pemilik toko tinggal duduk cantik aja dan dapet uang, ga perlu repot.

C. Jonathan - Power Cube
Semua orang butuh listrik kan? tapi pernah tahu ga sih kenapa kita bayar listrik mahal? Dan yang mana nih yang boros penggunaannya dan bisa dihemat? Nah Power Cube akan membantu kamu memberikan info dan bisa menghemat banyak uang lho! 
Dipandu oleh The Most Wanted CTO in Indonesia, Kak Natali Ardianto, CTO dari tiket.com talkshow ini seru banget lho!
image
Crowd-nya rame banget di meetup kali ini dan dominan 85% itu laki - laki yang datang, jadi saya sempat bertanya apakah dunia startup belum dilirik oleh kaum hawa ya? Disatu sisi saya juga seneng, karena bisa masuk ke dunia yang di dominasi oleh kaum dari Mars ini.

Buat kamu yang punya ide dan bingung cara mewujudkannya bisa ikutan Indigo Incubator, tapi kalau kamu yang sudah memulai bisnis dan butuh untuk mengembangkan serta membutuhkan mentoring berarti ikut dengan Indigo Accelerator.
image
Ada beberapa hal yang saya pelajari dari para founder ini, yaitu :
1. Kalau mau bikin startup ya memang harus serius dan fokus 100% kalau ga pasti ga akan berkembang.
2. Bootstrapping jadi pilihan yang tepat untuk para founder tanpa harus ketergantungan seed dari investor. Hal ini akan membuat kita benar - benar memahami apa yang paling dibutuhkan dalam bisnis kita.
3. Ada waktu untuk monetize bisnis, kamu harus memperhitungkan kapan sih waktu yang tepat untuk mulai bisa menghasilkan karena lama kelamaan cadangan keuangan kamu akan habis!

Saya belajar banyak dari StartUpLokal V.58 kali ini, buat kamu yang juga pengen ikut bisa lihat di meetup.com ya jadwal #StartupLokal bulan depan.
Artikel ini di publish pada aliciavanakker,tumblr.com pada tanggal 22 Oktober 2015.
With Love,
Alice

You Might Also Like

0 friends

Popular Posts

Promotion Page!